KARAKTERISTIK BERWIRA USAHA

1. Tepat waktu

Hal ini adalah bagian yang paling susah dilakukan karena itu saya menempatkan pada urutan pertama. Alasannya adalah jika kita bisa tepat waktu maka penjadwalan kita yang telah direncanakan dengan baik akan terlaksana dengan lancar. Selain itu, jika kita memiliki janji, menepati waktu adalah kunci untuk membuka jalan kesuksesan. Contohnya adalah jika kita meminjam modal di bank dan dapat dikembalikan dengan tepat waktu, bukan tak mungkin jika suatu nanti kita akan dipermudah untuk meluaskan kembali usaha dengan meminjam uang di bank. Bagaimana jika terlambat? Bank akan ragu untuk meminjamkan uangnya walaupun kita dapat mengembalikan pinjaman karena terlambat melunasi hutang.

2. Berani mencoba

Berani mencoba merupakan tantangan terberat karena semua orang yang ingin berwira usaha pasti awalnya akan takut untuk membuka usaha. Jika kita ingin sukses dalam berwira usaha, bagaimana kalau tidak berani untuk mencoba?

3. Tekad kuat/pantang menyerah

Menghadapi tantangan yang datang dalam berwirausaha adalah ujian untuk meraih kesuksesan. Untuk itu diperlukan tekad kuat dan pantang menyerah untuk membuka usaha. Hadapi semua masalah yang menghadang dengan tekad kuat disertai dengan doa dan pikiran positif niscaya akan memperlancar usaha kita.

4. Fokus

Saat kita mencoba memulai buka usaha, utamakanlah untuk fokus pada usaha yang kita rintis. Jika telah berhasil maka kita bisa membuka cabang atau membuka usaha jenis lain. Jika kita tidak fokus maka manajemen yang kita kelola bisa kacau balau. Selain itu jika mecoba memulai usaha dengan fokus maka permasalahan yang dihadapi akan mudah diselesaikan.

5. Kerja sama

Dalam berwira usaha ataupun dalam kegiatan apapun jika kita melakukannya secara bersama-sama (kerja sama) maka akan mempercepat memperoleh kesuksesan. Pepatah mengatakan “ringan sama dijinjing, berat sama dipikul” maka kita tidak dapat membiarkan bagian lain dari usaha kita (bisa karyawan atau apapun yang masih berhubungan dengan usaha kita) dalam keadaan sulit. Untuk itu dibentuklah tim yang mampu bekerja sama. Selain itu di dalam kerja sama, kita dapat menumbuhkan kepercayaan satu sama lainnya.

6. Kepercayaan

Kepercayaan merupakan hal paling utama dalam membangun usaha. Relasi bisnis yang luas akan mempercepat memperoleh kesuksesan. Untuk itu percayalah dengan segala hal yang membantu anda dalam menjalani suatu usaha.

7. Ihklas

Keikhlasan merupakan bagian terpenting saat terjadi suatu bencana (bangkrut). Untuk itu relakan yang telah berlalu kemudian cobalah bangkit kembali.

8. Positif thinking

Ini adalah bagian terpenting dari diri kita karena pikiran kita akan mempengaruhi kualitas pekerjaan yang kita jalani. Berpikir positiflah maka anda akan menemukan jalan kemudahan untuk meraih kesuksesan. Hindari pikiran negatif karena akan menghambat pekerjaan. Pikiran negatif ini perlu diatur dalam konteks untuk memajukan usaha yaitu dengan analisis SWOT.

9. Rasa empati kepada karyawan

Kita sesama manusia hendaknya saling menghormati. Antara atasan dan bawahan. Atasan jangan semena-mena kepada bawahan karena jabatan yang tinggi, namun yang perlu diingat adalah tanpa bantuan orang lain yang bekerja pada kita maka kita akan kesulitan untuk meraih kesuksesan. Beri amanah dan petunjuk yang baik kepada karyawan akan menambah motivasi karyawan untuk bekerja. Jangan sekali-kali ragu untuk memberi hadian kepada karyawan yang berprestasi dalam membantu usaha anda.

10. Inspirasi

Inspirasi perlu digunakan untuk menumbuhkembangkan usaha yang kita rintis. Inspirasi itu dapat muncul dari pikiran kita sendiri maupun orang lain. Jika telah menemui inspirasi yang baik maka perlu kita pikirkan kembali baik dan ruginya.

11. Beribadah dan berdoa

Beribadah dan berdoa merupakan hal terpenting karena semua usaha dan kesuksesan yang kita raih tidak terlepas dari Yang Maha Kuasa. Untuk itu beribadah dan berdoa akan meningkatkan iman kita dan menjernihkan pikiran kita sehingga semua permasalahan akan terselesaikan dengan solusi yang baik melalui pikiran yang jernih.

Perihal

me and my mind

Ditulis dalam kuliah, tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman
Maret 2010
S S R K J S M
« Okt   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Blog Stats
  • 107,790 hits
Top Clicks
  • Tak ada
Flickr Photos
It's a Family Affair...

Trains (over the bridge)

Burrowing Owl

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: