Tips memilih gitar akustik yang baik

Untuk para pemula dalam belajar gitar atau seseorang yang berniat untuk belajar gitar, gitar akustik adalah alat musik yang disarankan. Karena gitar akustik memiliki beberapa kelebihan bagi para pemula. Harga yang murah, dan jenisnya pun beragam. Namun, dalam memilih gitar akustik kita perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan.

  1. Kenali musik yang akan kita mainkan

Musik adalah sesuatu hal yang dapat mencerminkan diri kita dalam bermain musik sehingga kita perlu memperhatikan hal ini sebelum membeli sebuah gitar akustik. Hal ini bertujuan agar kita dapat bermain musik dengan lebih rileks dan santai sehingga musik yang kita mainkan dapat dinikmati oleh orang lain. Selain itu, dalam mengenali musik kita, kita juga tidak akan merasa kecewa dalam memilih gitar akustik.

  1. Perhatiakan suara dari gitar

Setelah kita yakin dengan kebutuhan kita, kita dapat mencari gitar yang cocok dengan karakteristik musik kita. Dan hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar yang akan kita beli. Pastikan suara yang dihasilkan adalah suara yang jernih dan indah sehingga pendengar tidak merasa terganggu oleh permainan kita nanti.

  1. Sesuaikan ukuran gitar dengan diri kita

Selain suara, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran gitar. Hal ini bisa kita lakukan atau kita coba dengan cara memainkan gitar dengan cara berdiri, duduk, atau jongkok. Jika merasa belum nyaman, cobalah ukuran yang lain hingga kita menemukan ukuran yang tepat untuk kita.

  1. Bentuk dari gitar akustik

Sebelum membeli, hendaklah kita teliti. Karena bentuk dari gitar juga mempengaruhi permainan kita. Bentuk gitar yang kita rasa keren dapat merebut hati para pendengar wanita. Namun selain itu, pada saat kita membeli gitar, telitilah setiap sisi dari gitar. Hal ini bertujuan agar suara tetap jernih dan bagus. Jika pada bagian gitar ada yang pecah, maka suara dari gitar akan terpengaruhi.

Selain badan gitar, cek juga neck dari gitar tersebut. Apakah lurus atau tidak. Hal ini dapat mempengaruhi cara bermain kita. Cek juga bagian fret boardnya. Jangan sampai terlalu tinggi. Sebab jika terlalu tinggi, jari-jari kita akan merasa sakit pada saat memainkan gitar itu.

  1. Senar/tali gitar yang digunakan

Gitar akustik memiliki dua macam, yaitu menggunakan senar nylon dan senar steel. Untuk para pemula disarankan terlebih dahulu belajar menggunakan senar/tali gitar yang terbuat dari bahan nylon. Senar nylon memiliki kelenturan yang lebih baik karena saat bermain, jari tidak akan merasa sakit. Jika sudah mulai terbiasa, kita dapat beralih menggunakan gitar dari senar steel.

Namun, hal yang perlu diingat bahwa terdapat gitar dengan senar nylon maupun senar steel juga mempengaruhi dalam hal memilih gitar. Jadi tentukan terlebih dahulu gitar yang akan dipilih.

  1. Seberapa  mudah kita mendapatkan gitar yang baik

Hal ini memang sangat subyektif karena tergantung dari selera yang memilih. Namun, jika semua pertanyaan dalam memilih gitar yang baik telah terpenuhi maka tidak perlu ada keraguan untuk membeli gitar tersebut. Namun, ada hal yang harus kita ketahui yaitu semakin mahal gitar yang kita beli maka semakin kompleks pertanyaan yang akan muncul dibenak kita untuk memilih gitar yang sesuai dengan diri kita.

  1. Membandingkan gitar satu dengan lainnya

Hal ini diperlukan dengan tujuan agar kita mendapatkan gitar yang sangat sesuai dengan permainan kita. Untuk itu, jika telah mencoba satu gitar, jangan ragu untuk mencoba gitar yang lainnya. Bandingkan dengan cermat entah dari segi kualitas suara, kenyamanan bermain, atau ukuran yang tepat untuk kita sehingga kita tidak menyesal untuk membeli gitar tersebut.

Selain kelima hal yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa hal lain juga yang perlu diperhatikan. Antara lain:

  1. Keuangan

Sesuaikan harga gitar yang akan kita beli dengan keadaan keuangan kita. Cari informasi lebih lengkap tentang gitar yang akan kita beli. Informasi bisa didapat dari teman kita yang telah mahir dalam bermain gitar ataupun media massa lain yang menawarkan produk gitar akustik

  1. Toko tempat menjual

Kita harus memperhatikan tempat dimana kita akan membeli gitar akustik. Belilah di took yang sudah terjamin kualitas gitar akustiknya misal took yang menjadi agen resmi untuk menjual gitar akustik bermerek. Toko yang baik menyediakan model gitar akustik yang banyak sehingga kita bisa memilih gitar yang sesuai dengan keinginan kita dan sesuai dengan anggaran keuangan kita. Selain itu, toko yang menjadi agen resmi bisa member masukkan kepada kita untuk memilih gitar yang sesuai dengan minat kita.

  1. Mintalah nasihat kepada orang lain

Jangan ragu untuk meminta saran dan pendapat orang lain. Hal ini sangat penting karena dapat menambah informasi tentang gitar yang akan kita beli. Selain gitar yang berkualitas, gitar yang memiliki nada terbaik pasti akan kita dapatkan. Sehingga kualitas permainan kita pun meningkat.

  1. Wadah gitar (case)

Wadah gitar sangat diperlukan yakni dalam hal perawatan. Untuk para pemula yang memiliki keuangan tipis dapat menggunakan wadah jenis vinyl bag. Jika memiliki keuangan lebih, kita dapat menganggarkan untuk membeli wadah jenis plywood. Selain memiliki kualitas baik, juga memiliki tingkat keamanan dalam menjaga gitar kita. Jangan sekali-kali menaruh gitar sembarang tempat karena jika kita sembarang menaruh barang, bisa-bisa gitar kita terbentur dan ada bagian yang pecah. Hal ini dapat mempengaruhi suara gitar kita.

Dari berbagai sumber

About these ads
Perihal

me and my mind

Ditulis dalam tips
12 comments on “Tips memilih gitar akustik yang baik
  1. tomi mengatakan:

    saya butuh informasi tentang gitar yang lebih mendetail dan kriteria nya

  2. alvin mengatakan:

    thanks ya tas info nya

  3. jack mengatakan:

    thank bror ats infonya

  4. Paul mengatakan:

    Aku sngat ingin mnjdi gtaris akustik

  5. dheka mengatakan:

    saya ingin tahu.gmana memainkan gitar dengan cara di petik…

  6. ASEP mengatakan:

    apakah gitar yg pecah..biar sudah di service seperti baru lagi,,sprti di dempul dan lain2..bisa mempengaruhi suara gitar…trims tanggapannya.

    • myblogmyown mengatakan:

      kalau menurut saya sih bisa mempengaruhi, yang pasti tahu adalah orang yang benar2 mengerti tentang suara gitar. kalau untuk orang biasa2 saja tidak begitu tahu

  7. ongen mengatakan:

    Info yg bagus untuk pecinta musik….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman
Maret 2010
S S R K J S M
« Okt   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Blog Stats
  • 90,895 hits
Flickr Photos
Metallic

the net's too big

exit strategies for urban afterlife

More Photos
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: