SEJARAH ANDROID

Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Android’s co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger, Rich Miner (co-pendiri Kebakaran liar Communications, Inc , Nick Sears (sekali VP di T-Mobile , dan Chris White (diketuai desain dan pengembangan antarmuka di webtv. Pada waktu itu, hanya sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc lain dari itu mereka membuat perangkat lunak untuk ponsel.Hal ini dimulai desas-desus bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler, meskipun tidak jelas apa fungsi itu mungkin tampil di pasar itu. [rujukan?]

Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat mobile didukung oleh kernel Linux yang mereka dipasarkan ke produsen handset dan operator pada premis memberikan yang fleksibel, sistem upgradeable. [Rujukan?] Hal ini melaporkan bahwa Google telah berbaris serangkaian komponen perangkat keras dan perangkat lunak dan memberi isyarat untuk mitra operator itu terbuka untuk berbagai tingkat kerjasama pada pihak mereka.Lebih spekulasi bahwa Google akan memasuki pasar telepon seluler datang pada bulan Desember 2006 .Laporan dari BBC dan The Wall Street Journal mencatat bahwa Google ingin pencariannya dan aplikasi pada ponsel dan sudah bekerja keras untuk memberikan itu. Cetak dan media online segera melaporkan rumor bahwa Google sedang mengembangkan handset bermerek Google.Lebih spekulasi diikuti laporan bahwa Google telah menentukan spesifikasi teknis, ini menunjukkan prototipe untuk produsen ponsel dan operator jaringan.

Pada bulan September 2007, InformationWeek menutupi sebuah studi Evalueserve melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telepon seluler.Akhirnya Google meluncurkan smartphone Nexus Salah satu yang menggunakan open source Android mobile sistem operasi. Perangkat ini diproduksi oleh Taiwan’s HTC Corporation, dan menjadi tersedia pada 5 Januari 2010.

Apa saja Fitur OS Android ?

Masih berlanjut seputar OS Android, berikut fitur-fitur dari OS Android.

Handset layout

Platform disesuaikan dengan lebih besar, VGA, grafik 2D perpustakaan, grafis 3D perpustakaan berdasarkan OpenGL ES 1,0 spesifikasi, dan tata letak smartphone tradisional.

Storage (Penyimpanan)

Software database SQLite digunakan untuk tujuan penyimpanan data

Connectivity (Konektivitas)

Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM / EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.

Messaging (Pesan)

SMS dan MMS tersedia bentuk threaded pesan termasuk pesan teks.

Web browser (Web browser)

Browser web yang tersedia di Android didasarkan pada open source WebKit kerangka aplikasi.

Java support (Dukungan java)

Perangkat lunak yang ditulis di Jawa dapat dikompilasi akan dieksekusi dalam Dalvik mesin virtual, yang merupakan implementasi VM yang dirancang khusus untuk perangkat mobile digunakan, meskipun tidak secara teknis standar Java Virtual Machine.

Media support (Dukungan media)

Android berikut mendukung audio / video / masih format media: H.263, H.264 (dalam 3GP atau MP4 wadah), MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB (dalam kontainer 3GP), AAC, HE-AAC (dalam MP4 atau kontainer 3GP), MP3, MIDI, OGG Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, BMP.

Additional hardware support (Dukungan hardware tambahan)

Android dapat menggunakan video / still camera, touchscreens, GPS, pengukur kecepatan, magnetometer, akselerasi 2D bitblits (dengan hardware orientasi, scaling, konversi format piksel) dan mempercepat grafis 3D.

Development environment (Lingkungan pengembangan)

Termasuk perangkat emulator, tools untuk debugging, memori dan kinerja profil, sebuah plugin untuk Eclipse IDE.

Market (Pasar)

Mirip dengan App Store pada iPhone OS, yang Android Pasar adalah sebuah katalog aplikasi yang dapat didownload dan diinstal untuk menargetkan hardware over-the-air, tanpa menggunakan PC. Awalnya hanya freeware aplikasi yang didukung. Paid-untuk aplikasi telah tersedia di Pasar Android di Amerika Serikat sejak 19 Februari 2009.

Multi-touch

Android memiliki dukungan asli untuk multi-touch tapi fitur dinonaktifkan pada level kernel (mungkin untuk menghindari Apple melanggar paten pada teknologi layar sentuh). Model tidak resmi telah dikembangkan yang memungkinkan multi-touch, tetapi membutuhkan superuser akses ke perangkat berkedip kernel yang unsigned.

Android telah melihat sejumlah update sejak rilis aslinya. Pembaruan ini ke basis Sistem Operasi biasanya memperbaiki bug dan menambah fitur baru.

Pada tanggal 30 April 2009 resmi 1.5 (Cupcake) update untuk Android dirilis. Ada beberapa fitur baru dan update UI termasuk dalam 1,5 diperbaharui:

  • Kemampuan untuk merekam dan menonton video dengan modus kamera
  • Meng-upload video ke YouTube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon
  • Lembut baru keyboard dengan sebuah “Autocomplete” fitur
  • Kemampuan untuk secara otomatis terhubung ke headset Bluetooth dalam jarak tertentu
  • Widget baru dan folder yang dapat mengisi desktop
  • Animasi antara layar
  • Kemampuan diperluas “copy and paste” untuk memasukkan halaman web

Pada 15 September 2009, 1.6 (Donut) SDK dirilis. Termasuk dalam update adalah:

  • Android Pasar peningkatan pengalaman.
  • Kamera terintegrasi, camcorder, dan galeri antarmuka.
  • Galeri sekarang memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa foto untuk dihapus.
  • Diperbarui suara Cari, dengan tanggapan yang lebih cepat dan lebih dalam integrasi dengan aplikasi asli, termasuk kemampuan untuk dial kontak.
  • Diperbarui pengalaman pencarian untuk memungkinkan mencari bookmark, sejarah, kontak, dan web dari layar awal.
  • Diperbarui Teknologi dukungan untuk CDMA / EVDO, 802.1x VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine
  • Kecepatan perbaikan untuk mencari, kamera. 

Versi berikutnya tumpukan perangkat lunak harus bernama Eclair (2.0), dan Flan.

Serangan Android yang begitu gencar tahun ini membuat pasar Blackberry terancam. Indosat memprediksi Android akan mengalahkan Blackberry.

“Kita prediksi Android akan lebih besar pangsanya ketimbang Blackberry. Pasalnya, handset Android lebih banyak ketimbang Blackberry, mulai dari harga Rp2,9 jutaan sampai dengan Rp5 jutaan,” tegas Head Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya, disela-sela acar Mega Bazaar, Hall Indosat, Jakarta, Rabu (3/3/2010).

Indosat sendiri tahun ini akan memasukkan sebanyak mungkin seri handset yang berbasis Android. Apalagi setelah Google telah memberi ‘lampu hijau’ terhadap perangkat Android di Indonesia untuk mengunduh Android Market.

“Antusiasme masyarakat terhadap Android sudah mulai terlihat. Dari 6 seri ponsel Android yang indosat lempar, 2.000 telah melakukan pre-order. Kebanyakan Samsung Galaxy dan Sony Ericsson Xperia 10 yang paling banyak dicari,” tandas Teguh.

Kendati Android diprediksi akan mengalahkan Blackberry, Teguh masih optimistis antara Android dan Blackberry masih bisa berdampingan. Karena dua sistem operasi ini mempunyai kelebihan yang berbeda.

“Blackberry kuat di fitur messagingnya, sedangkan Android mempunyai kelebihan di fitur multimedia. Keduanya bisa berjalan beriringan, bahkan bukan hal yang aneh jika nantinya satu orang mempunyai dua ponsel, Blackberry dan Android,” tegasnya..

http://teknologi.kompasiana.com/2010/03/03/mari-kita-bahas-tentang-os-android/

About these ads
Perihal

me and my mind

Ditulis dalam teknologi
11 comments on “SEJARAH ANDROID
  1. sEtia mengatakan:

    Haiiy,,,
    mampir yukk..ELEK666 BLOG

  2. eko marwanto mengatakan:

    jadi pilih os apa nih bos yg gak ribet tapi bisa multifungsi enaknya?

    • myblogmyown mengatakan:

      penggunaan sih tergantung usernya aja gan…..
      ada yg bilang symbian gampang…ada yg bilang android gampang…
      jadi tergantung dari pemakainya sendiri…kalau sudah terbiasa pasti mudah kok

  3. anak Ganteng mengatakan:

    posting tutorialsnya donk

  4. Bima mengatakan:

    ijin copy ya gan, lg mulai mau bahas android nih :)

  5. grounddual06 mengatakan:

    gan nama penulis gan, ane jg lg nulis tapi sumbernya harus jelas gan, makasih sebelumnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Halaman
Maret 2010
S S R K J S M
« Okt   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Blog Stats
  • 93,265 hits
Flickr Photos
Fall Waterfall

Upper Caney Creek Falls

O O

More Photos
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: